Rabu, 23 Januari 2013

Pengertian Interaksi sosial


Disusun oleh MALEEK NAJEEB MUHAMMAD
KELAS X Multimedia
NO URUT 13


PENGERTIAN INTERAKSI
Pengertian Interaksi menurut Drs. Soetomo dalam bukunya istilah interaksi adalah suatu hubungan timbal balik antara orang satu dengan orang lainnya.
dalam ilmu sosiologi interaksi selalu dikaitkan dengan istilah sosial yaitu hubungan timbal balik atau aksi dan reaksi diantara orang-orang, yang mana interaksi sosial tidak memperdulikan hubungan tersebut bersifat bersahabat atau bermusuhan, formal atau informal, apakah dilakukan berhadapan muka secara langsung atau melalui komunikasi yang tidak berhadapan secara langsung. Yang penting dalam interaksi ini adalah adanya kontak dan komunikasi diantara orang-orang itu. Akan tetapi berbeda halnya kalau pengertian interaksi ini kita hubungkan dengan proses belajar mengajar. Di dalam interaksi belajar mengajar contohnya, hubungan
timbal balik antara guru yang bersifat edukatif ( mendidik ) hal mana interaksi itu harus diarahkan pada suatu tujuan tertentu yang bersifat mendidik yaitu adanya perubahan tingkah laku anak didik kearah kedewasaan.
Perubahan tingkah laku dapat diartikan perubahan-perubahan yang mencakup tiga aspek tingkah laku manusia, yaitu aspek kognitif, aspek psikomotorik, dan aspek efektif. Pada prinsipnya interaksi belajar mengajar membutuhkan adanya perencanaan dan persiapan yang matang, baik perencanaan dan persiapan diri. Karena perencanaan dan persiapan yang matang akan mengurangi hambatan-hambatan yang muncul dalam proses belajar mengajar, bahkan akan lebih memotivasi anak untuk melakukan belajar secara efektif dan efisien. Dalam interaksi belajar mengajar, seorang guru memegang peranan yang menentukan.

 Sumber :http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2261194-pengertian-interaksi/#ixzz286qY6t82

PENGERTIAN INTERAKSI SOSIAL MENURUT BEBERAPA AHLI

Nah berikut ini adalah pengertian interaksi sosial menurut beberapa ahli :

1. Homans ( dalam Ali, 2004: 87) mendefinisikan interaksi sebagai suatu kejadian ketika suatu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang terhadap individu lain diberi ganjaran atau hukuman dengan menggunakan suatu tindakan oleh individu lain yang menjadi pasangannya. Konsep yang dikemukakan oleh Homans ini mengandung pengertian bahwa interaksi adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorang dalam interaksi merupakan suatu stimulus bagi tindakan individu lain yang menjadi pasangannya.
2. Menurut Shaw, interaksi sosial adalah suatu pertukaran antarpribadi yang masing- masing orang menunjukkan perilakunya satu sama lain dalam kehadiran mereka, dan masing- masing perilaku mempengaruhi satu sama lain.
3. Thibaut dan Kelley bahwa interaksi sosial sebagai peristiwa saling mempengaruhi satu sama lain ketika dua orang atau lebih hadir bersama, mereka menciptakan suatu hasil satu sam lain atau berkomunikasi satu sama lain. Jadi dalam kasus interaksi, tindakan setiap orang bertujuan untuk mempengaruhi individu lain.
4. Interaksi sosial menurut Bonner ( dalam Ali, 2004) merupakan suatu hubungan antara dua orang atau lebih individu, dimana kelakuan individu mempengaruhi, mengubah atau mempengaruhi individu lain atau sebaliknya.
5. Menurut Murdiyatmoko dan Handayani interaksi sosial adalah hubungan antar manusia yang menghasilkan suatu proses pengaruh mempengaruhi yang menghasilkan hubungan tetap dan pada akhirnya memungkinkan pembentukan struktur sosial
6. Bonner mengatakan bahwa interaksi sosial adalah hubungan antar dua individu atau lebih yang saling mempengaruhi, megubah atau mempaerbaiki kelakuan individu yang lain atau sebaliknya
7. Menurut Soerjono Soekanto interaksi sosial merupakan dasar proses sosial yang terjadi karena adanya hubungan-hubungan sosial yang dinamis mencakup hubungan antar individu, antar kelompok atau antar individu dengan kelompok
8. GILLIN & GILLIN interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dinamis antar individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok denga kelompok

Sumber : carapedia.com/pengertian_definisi_interaksi_sosial_menurut_para_ahli_info965.html

Syarat Terjadinya Interaksi Sosial
Syarat terjadinya interaksi sosial terdiri atas kontak sosial dan komunikasi sosial. Kontak sosial tidak hanya dengan bersentuhan fisik. Dengan perkembangan tehnologi manusia dapat berhubungan tanpa bersentuhan, misalnya melalui telepon, telegrap dan lain-lain. Komunikasi dapat diartikan jika seseorang dapat memberi arti pada perilaku orang lain atau perasaan-perasaan yang ingin disampaikan oleh orang tersebut.

Sumber-Sumber Interaksi Sosial
Proses interaksi sosial yang terjadi dalam masyarakat bersumber dari faktor imitasi, sugesti, simpati, identifikasi dan empati, berikut pengertian dari faktor faktor di atas :
1. Imitasi merupakan suatu tindakan sosial seseorang untuk meniru sikap, tindakan, atau tingkah laku dan penampilan fisik seseorang.
2. Sugesti merupakan rangsangan, pengaruh, atau stimulus yang diberikan seseorang kepada orang lain sehingga ia melaksanakan apa yang disugestikan tanpa berfikir rasional.
3. Simpati merupakan suatu sikap seseorang yang merasa tertarik kepada orang lain karena penampilan,kebijaksanaan atau pola pikirnya sesuai dengan nilai-nilai yang dianut oleh orang yang menaruh simpati.
4. Identifikasi merupakan keinginan sama atau identik bahkan serupa dengan orang lain yang ditiru (idolanya)
5. Empati merupakan proses ikut serta merasakan sesuatu yang dialami oleh orang lain. Proses empati biasanya ikut serta merasakan penderitaan orang lain.
Jika proses interaksi sosial tidak terjadi secara maksimal akan menyebabkan terjadinya kehidupan yang terasing. Faktor yang menyebabkan kehidupan terasing misalnya sengaja dikucilkan dari lingkungannya, mengalami cacat, pengaruh perbedaan ras dan perbedaan budaya.

BEBERAPA CONTOH INTERAKSI SOSIAL

1. Murid mengobrol saat jam istirahat
2. Fans mengikuti gaya rambut dan gaya pakaian artis idolanya
3. Anisa dan Christy mengobrol di Facebook
4. Siswa dua sekolah melakukan tawuran
5. Pencuri di hajar massa hingga pingsan
6. 2 tim sepak bola sedang bertanding
7. Siswa kelas X Multimedia melakukan diskusi kelompok
8. Ibu Guru menerangkan pelajaran kepada para murid
9. Sekelompok Ilmuwan meneliti telur semut
10. dan masih banyak lagi

Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Pengertian Interaksi sosial; Ditulis oleh Murasaki 404; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

]