Jumat, 05 Juli 2013

TIPS DAN CARA MENGATASI LUPA PASSWORD/ SANDI AKUN


TIPS DAN CARA MENGATASI LUPA PASSWORD/ SANDI AKUN

Assalamualaikum Waramatullahi wabarakatuh

TIPS DAN CARA MENGATASI LUPA PASSWORD/ SANDI AKUN
gambar
  oke kali ini saya akan berbagi sedikit TIPS DAN CARA MENGATASI LUPA PASSWORD/ SANDI AKUN yang saya dapat di majalah dan tips dari saya sendiri, yah mungkin teman-teman yang memiliki banyak akun agak kesulitan untuk memanajemen atau mengatur password dan email dari akun yang bejibun tersebut. Saya sendiri sering terbalik memasang password untuk setiap akun saya, malah beberapa kali ganti akun twitter karena lupa password ckckckck
Nah karena pasti banyak teman-teman yang senasib sependeritaan sama saya (huuu….huuu…huuu) maka dari itu saya ber inisiatif untuk membagikan beberapa tips yang saya temukan.
    Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa teman-teman coba :

1. Satu untuk Semua
Ini bukan slogannya SCTV he…he…he, maksudnya teman-teman memakai satu password yang sama untuk semua akun, jadi gak perlu repot-repot hafalin banyak sandi, cukup satu untuk semua. Tapi cara ini memiliki satu kelemahan yang fatal, dulu saya pernah memakai cara ini dan berhasil tapi suatu hari ada seseorang kurang kerjaan yang berhasil membobol dan mengetahui sandi facebook saya !! yah kejadian deh saya terpaksa ganti password akun saya yang lain karena gak mau ambil resiko akun yang lain juga kena bobol huuuuuu : (

2. Beri kode pada Password
Cara yang ini sama dengan yang pertama jadi satu password untuk semua akun tapi menurut saya yang ini agak lebih aman. Jadi begini caranya : misalkan teman-teman kasih password yang sama untuk semua akun tapi di setiap password di kasih kode untuk membedakan antara password akun yang satu dengan password akun yang lain , contohnya :
Password facebook : Malikfbachanation
Password Twitter : Maliktwitterachanation
Password Flickr : Malikflickrachanation
Password Blog : MalikBlogachanation
Kayak gitu, jadi pada dasarnya yang harus diinget cuman Malikachanation aja terus tinggal ditambahin kode di antara Malik dan achanation nya. Ngerti ??? bisa juga pake kode yang lebih rumit

3. Satu Email untuk semua akun
Sama kayak cara yang pertama “satu untuk semua” juga, tapi bedanya yang ini email nya yang sama bukan sandinya, istilah kerennya sih di-integrasikan jadi teman-teman tinggal mengintegrasikan semua akun pada satu email. Kalo teman-teman ingin membuat akun Fb, Twitter atau sejenis itu pasti diminta menuliskan email kan ?? nah pakai satu email aja, jadi semua data konfirmasi dan pemberitahuan di akun teman-teman langsung masuk ke satu email jadi lebih mudah di manage gitooh. Jadi teman-teman bisa mengecek akun teman-teman sekaligus tinggal liatin email yang masuk satu-satu. Kalo menurut saya sih kelemahan dari cara ini yah kalo email teman-teman kena bobol he…he…he

4. Gunakan Software manajemen password
Cara ini saya dapet dari majalah dan dikhususkan buat yang punya computer atau laptop aja, teman-teman bisa pakai software untuk mengamankan dan mencatat Password akun teman-teman sekalian. Salah satu software yang bisa dicoba ialah KeePass, kalo ada software yang lain boleh dicoba juga tuh
Software KeePass ini merupakan software opensource (hidup opensource) yang dirancang khusus untuk mempermodah pengelolalaan akses pada akun teman-teman, menurut majalah yang saya baca sih software KeePass bisa dikatakan software yang terbaik saat ini dalam jenisnya (jenis apaan ya?). Kalo mau tahu lebih banyak tentang software Keepass ini sendiri bisa dicari di Google karena saya sendiri belum pernah coba
kalau teman-teman mau download bisa langsung ke web resminya http://keepass.info/

5. Catat semua Sandi dan Email akun
Kalo yang ini sendiri merupakan cara yang saya pakai sekarang dan Alhamdulillah cukup efektif, karena saya sendiri gak punya laptop dan hanya berbekal flashdisk 3 biji yang masing-masing bermuatan 4GB he…he…he maka dari itu saya catat semua akun, email, dan password saya di Microsoft Excel (kalo mau pake aplikasi lain juga boleh) plus saya kasih password untuk melindungi file saya jika ada yang coba ngambil, terakhir saya masukin tuh file ke Flahdisk teruss saya bawa jalan-jalan ke setiap warnet dan saat berburu Wifi gratis bareng teman-teman saya yang baik hati dan bersedia berbagi Komputer jinjingnya aha….haa…haa. untuk langkah-langkah lebih jelasnya baca di bawah ini :

  • catat semua akun, email, dan password teman-teman. bisa di tulis di kertas atau di ketik seperti yang saya lakukan
  • selesai, jadi kalo mau buka akun tinggal lihat catatan aja, terus login deh ke kun teman-teman gampang kan ??

mudah-mudahan paham ya ?? kalo ada yang gak ngerti, mau nambahin atau mau memberi kritik terhadap tulisan saya ini mohon komentar atau tulis di buku tamu aja supaya saya bisa meng-evaluasi dan meperbaiki karya-karya saya selanjutnya

referensi :
- majalah UMMI
- pengalaman saya sendiri :D

arigatou gozaimasu

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: TIPS DAN CARA MENGATASI LUPA PASSWORD/ SANDI AKUN; Ditulis oleh Ara Murasaki; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar: